Masuk

Apel Pagi – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Setan Akan Kalah dengan Keikhlasan

Featured Apel Pagi – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Setan Akan Kalah dengan Keikhlasan

Troso, MAMHTROSO.com – Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah mengadakan apel pagi untuk seluruh civitas akademika MTs. dan MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara kemarin, Ahad (13/10/2019).

Pada apel kali ini sebelum beliau menyampaikan motivasi dan informasi kepada siswa, beliau mengajak doa bersama. Pertama, doa untuk madrasah semoga semakin maju dan memberkahi umat. Kedua, doa untuk para guru semoga semakin sabar dan ikhlas dalam mendidik siswa-siswi. Ketiga, kemudian doa untuk siswa-siswi semoga disadarkan oleh Allah supaya menjadi anak-anak sholih dan muslih.

 . قَالَ رَبِّ بِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأُزَيِّنَنَّ لَهُمْ فِي الْأَرْضِ وَلَأُغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ

 . إِلَّا عِبَادَكَ مِنْهُمُ الْمُخْلَصِينَ

 

"Iblis berkata: "Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan maksiat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya." kecuali hamba-hamba Engkau yang mukhlis di antara mereka". (QS. Al-Hijr: 39-40).

Keikhlasan adalah kunci dari setiap perbuatan manusia. Sama halnya dengan kebiasaan siswa di kelas semuanya harus didasari dengan niat ikhlas. Fakta masih ada siswa ketika diajar gurunya tetapi malah ditinggal tidur, ada siswa yang masih suka mengganggu temannya, siswa sering terlambat, pergerakan yang lambat ketika mau sholat, dll. Semua itu dirasa enak karena ada tipu daya setan yang menggoda manusia agar berbuat melanggar. Padahal setan akan kalah jika dilawan dengan keikhlasan.

Apapun pelanggaran adalah dosa, termasuk jika siswa yang sering melanggar tata tertib madrasah adalah perbuatan dosa. Kepala Madrasah mengingatkan agar seluruh siswa niat dengan ikhlas berangkat sekolah untuk menambah ilmu dan wawasan dengan cara mematuhi semua aturan madrasah. Karena dengan cara itu siswa akan menjadi orang-orang yang mulia. Tetapi sebaliknya jika perilaku siswa di madrasah selalu melanggar dan tidak membiasakan diri dengan perilaku-perilaku yang mulia, bagaimana bisa nantinya menjadi manusia-manusia yang mulia ?  

Kegiatan di madrasah tujuannya adalah untuk mendidik keterampilan mental. Pinter itu penting, tetapi mentalitas juga penting. Seperti contoh hari Sabtu kemarin diadakan Emha Variety Show (EVS) tujuan utamanya adalah mendidik mentalitas siswa. Jika kemudian setelah itu ada yang sakit karena kelelahan, maka jangan dijadikan alasan kegiatannya.

Selajutnya terkait dengan Morning fun (Shobah Farhah). Bagi siswa yang mengikuti kegiatan olah raga, harus memakai training dan kaos tim dari rumah. Supaya bergerakan siswa semakin cepat dan kegiatan dapat berjalan dengan efektif.

Kemudian gerakan Infaq madrasah, Kepala Madrasah menghimbau agar setiap kelas melebihkan dari jumlah siswanya. Karena dari infaq itu meskipun hanya seribu – dua ribu, tetapi manfaatnya luar biasa untuk madrasah. Pembangunan GOR di MI dan pembangunan Asrama di belakang MA MH Troso ini masih membutuhkan banyak sekali biaya. Termasuk dari infaq siswa-siswi ini yang dapat mejalankan pembangunan itu secara terus menerus.  

Terakhir, beliau menginformasikan bahwa pada Hari Kamis depan akan ada pemilihan petinggi (PILPET). Siswa-siswi pada hari itu tetap masuk seperti biasa, namun akan dipulangkan setelah istirahat. Kemudian guru bersama dengan siswa yang sudah memiliki hak pilih akan bersama-sama memberikan hak suaranya di tempat pemungutan suara. Apel ditutup dengan doa kafarotul majlis. (Syah)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.