Masuk

Apel Pagi – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Arahkan Hidupmu Menuju Jalan Allah SWT. Tidak Kepada Jalan Setan

Featured Apel Pagi – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Arahkan Hidupmu Menuju Jalan Allah SWT. Tidak Kepada Jalan Setan

Troso, MAMHTROSO.com – Pagi ini lebih dari 1.200-an orang siswa Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara berkumpul di halaman madrasah untuk mengikuti apel pagi, Selasa (18/12/2018).

Dalam apel pagi kali ini seperti biasanya Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso memberikan pengarahan kepada siswa-siswi terkait dengan padangan hidup secara umum, informasi kemadrasahan, dan wejangan-wejangan agar siswa beretika baik di madrasah maupun di lingkungan masyarakat.

Pertama, beliau menyampaikan bahwa setiap manusia hidup pasti memiliki sabil, thoriq, syari’ yang artinya jalan. Dan jalan dalam kehidupan hanya terbagi menjadi 2 yaitu jalan menuju Allah SWT. atau jalan menuju setan. “Usia-usia muda jiwanya masih labil, secara psikologi juga masih labil, maka kita bimbing supaya pergerakanmu menuju Allah”, ungkap beliau.

Di madrasah dengan sekian banyaknya kegiatan tentu untuk membiasakan siswa supaya bergerak untuk umat, supaya dapat menjadi orang-orang yang terampil, memiliki kedewasaan mental, tidak manusia yang hola-holo (tidak tanggap), karena untuk menjadi manusia yang mulia, keegoisan harus diberantas.

“Madzhab madrasah kita adalah madzhab pergerakan, maka cara hidup adalah bagaimana baiknya bukan bagaimana enaknya”, tegasnya.

Kedua, berkaitan dengan kalender tahun 2019 yang biasanya dibagikan pada saat penerimaan raport, namun kali ini rencananya akan dibagikan pada saat masuk semester genap Januari mendatang. Hal tersebut supaya seluruh kegiatan selama satu tahun tercover di kalender termasuk Class Meeting Semester Gasal Tahun 2018-2019 yang pada hari ini masih berlangsung.

Libur Akhir Semester Gasal Tahun ini dimulai besok pagi hari Rabu (19/12/2018) selama 2 minggu yaitu sampai Kamis (3/1/2019). Pada saat liburan siswa-siswi diperingatkan oleh Kepala Madrasah agar tetap menjaga etika. Siswa tidak boleh berpacar-pacaran, mewarnai rambut, apalagi nyolong. Pihak madrasah tidak akan segan-segan mengeluarkan siswa yang melanggar aturan tersebut. Beliau menghimbau agar siswa lebih baik melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, seperti membantu orang tua, dll.

Siswa akan masuk kembali pada semester genap yaitu pada Hari Kamis (3/1/2019). Hari pertama masuk tersebut akan diagendakan pembagian LKS dan siswa harus membayar uang LKS sebesar Rp 60.000,-. Madrasah akan lebih tegas dengan pembayaran siswa. Karena selama ini masih banyak siswa atau orang tua yang kurang memperhatikan pembayaran administrasi madrasah. Meskipun begitu madrasah akan memberikan toleransi kepada orang tua siswa yang benar-benar tidak mampu. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Selasa, 18 Desember 2018 10:35

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.