Masuk

Intrakurikuler Pramuka – 3 Pekan Jelang LKP Ke-2, Latihan Semakin Mantab

Featured Intrakurikuler Pramuka – 3 Pekan Jelang LKP Ke-2, Latihan Semakin Mantab

MAMHTROSO.COM - Adakan latihan bersama untuk pekan ketiga, Ambalan Setia Budi dan Fatmawati Gugus Depan 09.115 – 09.116 kini intensif berikan materi-materi dasar yang akan dilombakan pada Lomba Ketrampilan Penegak (LKP) bertajuk kepramukaan, Selasa (19/4/2016) siang. Tujuan latihan bersama ini adalah untuk membekali para peserta lomba dengan pengetahuan dasar yang sama. Sehingga tidak ada kesenjangan antar kelompok dengan didampingi oleh para dewan ambalan yang mungkin memiliki tingkat pengetahuan yang  berbeda.

“Dari pengalaman LKP pertama di semester lalu, banyak masukan dari peserta untuk tidak menyerahkan semua materi ke masing-masing pendamping, tapi kalau bisa diadakan latihan bersama sehingga materi yang disampaikan tidak ada ketimpangan, maka kami berinisiatif membuka training center untuk setiap mata materi yang akan kami lombakan”, ungkap M. Fajrian Choeroni, Pradana Putra Ambalan Setia Budi MA Matholi’ul Huda Troso.

Berita Terkait : INTRAKURIKULER PRAMUKA - LATIHAN BERSAMA PERSIAPKAN LKP KE-2

Dari petunjuk teknis yang diterbitkan panitia penyelenggara sejak akhir bulan Maret lalu, LKP Ke-2 akan melombakan sebanyak 6 jenis kegiatan. Yaitu lomba baris-berbaris, lomba senam sajojo, lomba sandi, lomba pertolongan pertama, lomba cerkas, dan lomba jurnalistik. Untuk mempersiapkan perlombaan ini setiap kelompok dijadwalkan latihan bersama 2 kali dalam seminggu, yaitu hari senin dan selasa siang. Hari senin yang semula diagendakan shobah farhah di pagi hari, untuk sementara digantikan dengan latihan pramuka bersama di siang hari. Dan latihan kemarin sudah terhitung untuk pekan ke-3 dan sangat terlihat perkembangannya jika dibandingkan pekan pertama diadakannya latihan bersama ini.

Pada pekan pertama latihan bersama yang diadakan di 6 macam training center dewan ambalan sebagai fasilitator atau pemberi materi banyak mengalami kendala-kendala. Karena masih banyak peserta yang memiliki pengetahuan sangat kurang. Namun setelah pekan ke-3 latihan bersama diadakan di masing-masing training center para peserta semakin serius dan mantab. Latihan bersama ini rencana akan dilaksanakan terakhir pada minggu depan, yaitu pekan terakhir pada bulan April ini. Dan untuk bulan Mei yang akan datang para peserta diberikan kesempatan untuk latihan secara mandiri di masing-masing kelompok.

LKP Ke-2 ini adalah salah satu program yang diadakan oleh Gugus Depan untuk memberikan goal dari latihan-latihan pada intrakurikuler pramuka yang dilaksanakan setiap seminggu sekali pada semester gasal, dan dua minggu sekali pada semester genap ini. Dan rencana akan dilaksanakan pada pertengahan Mei 2016.

 

(Syah)

Terakhir diperbarui pada Rabu, 20 April 2016 12:05

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.