Masuk

Intrakurikuler Pramuka – Belajar Jadi Penolong Pertama

Featured Intrakurikuler Pramuka – Belajar Jadi Penolong Pertama

MAMHTROSO.com – Laksanakan agenda rutin Gugus Depan 09.115-09.116 MA Matholi’ul Huda Troso gelar latihan pramuka, Selasa (2/2/2016) siang ini. Berbeda dengan semester gasal kemarin, latihan pramuka ini bisa dilaksanakan seminggu sekali. Namun pada semester genap ini latihan pramuka hanya bisa dilaksanakan setiap dua minggu sekali bergantian dengan kegiatan intrakurikuler yang lain yaitu Muhadlarah.

Dilaksanakan pada jam pelajaran ke-7 dan ke- 8 atau sekitar pukul 11.30 WIB sampai 13.15 WIB. Berdurasi kira-kira 90 menit, latihan pramuka yang dimotori oleh para dewan ambalan setia budi dan fatmawati hari ini hanya bisa dilaksanakan di dalam ruangan karena mengingat cuaca di halaman madrasah sedang hujan. Akan tetapi ini memang sudah diantisipasi oleh para pengurus dewan ambalan dengan menjadwalkan materi kepramukaan yang bisa dilaksanakan secara indor.

Setelah sebelumnya para anggota pramuka MA Matholi’ul Huda Troso mendapat materi tentang sandi. Hari ini para dewan ambalan Setia Budi dan Fatmawati memberikan ketrampilan untuk melaksanakan Pertolongan Pertama (PP).

Pertolongan Pertama adalah pemberian pertolongan yang bersifat segera kepada penderita sakit atau korban kecelakaan yang memerlukan penanganan medis dasar untuk mencegah cacat atau maut. Tujuan Pertolongan Pertama ini bukan bertindak sebagai dokter, tetapi hanya untuk melakukan pertolongan awal agar korban bisa terhindar dari kematian, mencegah kecacatan lebih lanjut, mencegah terjadinya infeksi, mengurangi rasa sakit, memberi rasa nyaman dan menunjang proses penyembuhan.

Pada awal latihan para dewan ambalan yang bertidak sebagai fasilitator menyampaikan materi pertolongan pertama yang harus dicatat oleh setiap anggota. Setelah itu diberikan contoh praktik untuk menolong korban kecelakaan sebagai mana prosedur yang benar. Setelah semua anggota paham, gantian beberapa perwakilan dari anggota mempraktikkan cara memberikan pertolongan pertama.

Meskipun belum semua anggota mempunyai kemampuan mahir untuk memberikan pertolongan pertama. Setidaknya dengan mengadakan latihan kali ini, setiap anggota pramuka MA Matholi’ul Huda Troso sudah memiliki dasar-dasar untuk memberikan pertolongan pertama jika ada korban kecelakaan.

 

(Syah)

Terakhir diperbarui pada Selasa, 02 Februari 2016 14:10

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.