Masuk

PTA 2015 – Mengenal Gerakan di MH Troso

Featured PTA 2015 – Mengenal Gerakan di MH Troso

MAMHTROSO.COM – Dewan Ambalan Setia Budi dan Fatmawati Gugus Depan 09.115 – 09.116 hari ini adakan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA), Jum’at (16/10/2015). Acara yang semestinya dilaksanakan di awal tahun pelajaran ini baru bisa diadakan pada pertengah bulan Oktober karena mengingat padatnya agenda-agenda kemadrasahan yang lain.

Sebanyak 230 siswa Kelas X mengikuti acara kali ini. Kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan diadakan selain sebagai salah satu syarat untuk mengambil bet ambalan juga digunakan memberikan pengetahuan kepada siswa-siswi Kelas X tentang gerakan kepramukaan di Gugus Depan 09.115/09.116 MA MH Troso.

Siswa-siswi Kelas X yang notabene sebagai anggota baru dari Ambalan Setia Budi dan Fatmawati dirasa perlu mengetahui adat-adat baik untuk menumbuhkan karakter baik yang dijunjung tinggi dalam gerakan kepramukaan MH Troso.

Lihat Galeri Kegiatannya - Klik di sini 

Mulai pukul 06.00 WIB tepat siswa-siswi Kelas X sudah dibariskan di depan halaman Kampus MA MH Troso. Dan para Panitia PTA yang terbentuk dari Dewan Ambalan langsung melakukan presensi setiap sangga yang sudah dibagi sebelumnya. Dilanjutkan ceking perlengkapan dan perbekalan. Kemudian tepat pukul 07.00 WIB upacara pembukaan dilaksanakan.

Selesai upacara para peserta penerimaan tamu ambalan diberikan waktu untuk istirahat selama 10 menit. Dan selanjutnya untuk menambah semangat semua peserta diajak senam penguin oleh para dewan ambalan.

Tepat pukul 08.00 WIB para peserta PTA mengikuti acara lintas alam yang melewati 3 pos. Pos pertama, adalah tentang teknik kepramukaan (tekpram). Pada pos tekpram setiap sangga dibagi menjadi 4 kelompok, dan masing-masing kelompok mengerjakan 4 macam tekpram, yaitu semboyan, menaksir, simpul, dan sandi. Pos kedua, adalah tentang ketangkasan. Setiap sangga dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok pertama menyusun pazzel foto setia budi dan fatmawati, kelompok kedua menyelesaikan tantangan tebak gaya. Pos ketiga, adalah tentang mental. Setiap sangga melawati rute pepohonan rimbun dengan ditutup matanya. Setiap peserta membawa tasbih untuk melafalkan kalimat-kalimat takbir, tahlil, dan tahmid.

Pukul 11.30 WIB peserta PTA melaksanakan sholat Jum’at di Masjid dekat rumah Bpk. Sayuti. Usai sholat Jum’at langsung kembali ke Madrasah untuk makan siang bersama. Sebelum diadakannya upacara penutupan panitia PTA mengadakan kegiatan outbond di halaman Madrasah. Upacara penutupan kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan Setia Budi dan Fatmawati Gugus Depan 09.115 – 09.116 MA Matholi’ul huda Troso Tahun 2015 dilaksanakan pada pukul 14.45 WIB sampai pukul 15.15 WIB.

Pengumuman untuk sangga tergiat diumumkan. Sebagai sangga tergiat putra adalah sangga 10, dan sangga tergiat putrid adalah sangga 4. Acara ditutup dengan salam-salaman antara peserta kepada panitia pelaksana PTA dengan diiringi lagu “di sini di sini kita bertemu lagi”.

(Syah)  

Terakhir diperbarui pada Sabtu, 17 Oktober 2015 15:34

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.