Masuk

Rebana Kolaborasi Warnai Tasyakuran

Grup rebana kolaborasi yang pentas pada acara Tasyakuran, Kamis (29/12).Troso, MAMHTROSO.com – Aksi kolaboratif rebana mewarnai tasyakuran di rumah salah satu guru MA Matholi’ul Huda Troso, Kamis (29/12). Sedikitnya 12 musisi yang berasal dari grup rebana MTs. MH, MAMH Troso, An-Nur, dan Irsyadul Huda tersebut tampil cukup memukau tamu undangan, terlebih saat tampilnya Ismail al-Qari bershalawat diiringi tetabuhan perkusi rebana yang ritmis.


Ismail yang juga guru mapel Nasyid itu tampil cukup apik membawakan lagu Ana Fiin. Saat menyanyikan lagu tersebut, Ismail mengawali dengan nada pertengahan bariton. Beberapa vokalis membantu sebagai backing vocal. Setiap menjelang akhir reffrain, Ismail menunjukkan kapabilitasnya dalam bernyanyi dengan nada tinggi tenor. Hal itu membuat para penyanyi latar terdiam lantaran tidak mampu mengimbangi tingginya nada yang diambil Ismail.

Sebelum menyanyikan lagu Ana Fiin, Ismail dkk membacakan maulid al-barzanji. Setelah itu, belasan lagu disenandungkan bergantian  oleh beberapa vokalis terus mengalun hingga pukul 23.00 WIB.

Penampilan rebana kolaborasi tersebut terbilang tanpa persiapan yang matang. Pasalnya, Beberapa jam sebelum pentas berlangsung, sebagian penabuh rebana MAMH Troso urung tampil. Maklum saja, mereka yang juga tergabung dalam grup rebana musholla di tempat tinggalnya memiliki jadwal yang berbarengan dengan pentas kali ini. Untungnya, di dekat kampus masih ada grup rebana semisal An-Nur dan Irsyadul Huda yang bersedia digandeng untuk pentas kolaborasi. Alhasil, mereka lantas sepakat untuk berlatih bersama di aula MAMH Troso selepas dzuhur hingga menjelang Ashar.

Aksi grup rebana kolaborasi tersebut ditampilkan pada acara tasyakuran walimatut tasmiyah putra ketiga dari pasangan Noor Faizin dan Asri Jatmiko. Mereka berdua adalah guru di MTs./MA MH Troso. Acara tersebut mestinya berbarengan dengan khitan salah satu putra mereka. Namun karena sebab tertentu, khitan batal dilaksanakan.  (aaf)


Terakhir diperbarui pada Sabtu, 31 Desember 2011 09:29

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.