Masuk

MAMH Troso Salurkan 1,78 Ton Zakat Fitrah

Siswa MTs. Matholi'ul Huda Troso saat menata bingkisan beras.Troso – Panitia Penerimaan Zakat Fitrah MTs. dan MA Matholi’ul Huda Troso menyalurkan sebanyak 1,78 ton atau sekitar 712 bingkisan beras zakat fitrah kepada mustahiq (orang yang berhak menerima zakat) Sabtu (27/08/2011) lalu.

Pendistribusian zakat dimulai sejak pagi hingga sore hari ke beberapa tempat yang meliputi desa Troso, Ngeling, Pecangaan, Sowan, Rengging, Gemulung dan sekitarnya. Beras sebelumnya dikumpulkan oleh panitia dari siswa MTs. dan MAMH Troso. Dalam pendistribusian zakat fitrah, panitia dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menempatkan beras yang telah terbungkus dalam plastik tersebut ke posko pembagian yang telah ditentukan oleh panitia. Hampir sebagian besar bingkisan beras zakat fitrah ditempatkan di rumah tokoh warga setempat semisal ketua RT maupun ketua RW.


Penyaluran zakat fitrah semacam ini telah menjadi agenda rutin Osis baik MTs. maupun MA. Setiap tahunnya menjelang hari raya idul fitri, Osis bersama-sama membentuk panitia khusus penerima zakat fitrah. Biasanya waktu pengumpulan zakat adalah 2 minggu sebelum pembagian. Pada awalnya, tidak semua zakat yang dibayar oleh siswa berupa beras namun ada yang berupa uang. Seteleh terkumpul, panitia kemudian membelanjakan uang hasil pengumpulan zakat fitrah tersebut dengan beras.

Sore harinya, seluruh panitia yang terlibat dalam pendistribusian zakat fitrah melanjutkan agendanya berupa buka bersama.

Jika dilihat dari pendapatan beras zakat fitrah yang terkumpul tahun ini, mengalami kenaikan kuantitas. Jika pada penarikan zakat fitrah tahun lalu panitia hanya berhasil mengumpulkan sebanyak lebih kurang 600 bingkisan beras, namun pada tahun ini bisa mencapai angka 700 bingkisan. Meski demikian, Joko Aji Saputro, Ketua OSIS MAMH Troso masih menyayangkan atas perolehan tahun ini sebab jika mengacu pada jumlah siswa yang ada di MTs/MAMH Troso, masih sedikit sekali kesadaran siswa untuk menyalurkan zakatnya di madrasah. Dia meminta di tahun yang akan datang peran aktif wali kelas dalam menyukseskan program Osis perlu ditingkatkan. “Saya harap di tahun periode setelah saya nanti para Bapak/Ibu wali kelas dapat turut ambil bagian untuk menyosialisasikan zakat fitrah kepada siswanya agar disalurkan melalui panitia Osis,” ungkapnya. (mamhtroso.com)

Terakhir diperbarui pada Senin, 05 September 2011 21:39

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.