Masuk

Peringati Hari Amal Bakti Kemenag 2021, MA MH Troso Gelar Doa Bersama dan Kepungan

Troso, MAMHTROSO.com – MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara memperingati Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-75 pagi ini, Selasa (5/1/2021).

Hari Amal Bakti Kemenag diperingati setiap tanggal 3 Januari. Tanggal tersebut mengacu pada saat Presiden Soekarno mengumumkan pembentukan Kementerian Agama, tepatnya pada tanggal 3 Januari 1946 (29 Muharram 1365 H). Adalah Haji Mohammad Rasjidi yang saat itu kemudian diangkat oleh Presiden Soekarno sebagai Menteri Agama RI Pertama. Sebelumnya, jabatan yang ada adalah Menteri Negara Urusan Agama Islam.

Peringatan HAB ke-75 di MA Matholi’ul Huda Troso ini rencananya akan digelar di halaman madrasah, namun karena cuaca yang tidak mendukung maka siswa kembali ke kelas masing-masing. Namun rangkaian acara masih tetap dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Dipimpin dan dibuka langsung Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso dengan pengeras suara dari ruang tata usaha. Rangkaian acara peringatan HAB ini dimulai dengan istighatsah bersama dipimpin oleh H. Ismail, S.Pd.I., dilanjutkan dengan tahlil dipimpin oleh H. Ahmad Harisul Haq, Lc. Bacaan barzanji oleh Nur Muzaroh, S.Pd. dan diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh H. Ahmad Harisul Haq, Lc.

Siswa yang mengikuti acara peringatan HAB Kemenag ke-75 ini berada di kelas masing-masing dengan dikondisikan oleh wali kelas. Dengan tetap mematuhi protocol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak. Setelah serangkain acara doa bersama ini, siswa-siswi kemudian makan bersama (kepungan).

Sampai pukul 09.00 WIB, siswa kemudian mengadakan kebersihan kelas, melaksanakan absensi, dan berdoa pulang ke rumah masing-masing. Dan mulai besok pagi akan dilaksanakan pembelajaran semester genap tahun 2020-2021. (Syah)

  • 0
  • Baca: 35 kali

Pengecoran Lantai 2 Gedung Baru MA Matholi’ul Huda Troso untuk 8 Kelas dan 10 Kamar Mandi

Troso, MAMHTROSO.com –  Untuk mengembangkan fasilitas pendidikannya, Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Matholi’ul Huda Troso hari ini melaksanakan pengecoran lantai 2 gedung baru, Rabu (23/12/2020). Berbeda dengan pengecoran untuk lantai 1 dulu masih tenaga manual menghabiskan banyak tenaga dan waktu, pengecoran kali ini menggunakan Jasa Jayamix.

Proses pengecoran ini dimulai pada pagi hari, namun truk molen pertama baru sampai di lokasi pengecoran pada pukul 10.00 WIB. Sebanyak 4 truk molen bolak-balik sampai 36 kali angkutan untuk mengecor lantai berkapasitas 98 kubik. Yaitu seluas 8 lokal kelas dan 10 kamar mandi. Proses pengecoran selesai kurang lebih pada pukul 11.30 WIB.  

Gedung baru ini dibangun 3 lantai yang berisi 24 lokal dan 30 kamar mandi. Yang rencana akan dijadikan gedung baru untuk siswa MA Matholi’ul Huda Troso. Sedangkan untuk gedung lama akan digunakan untuk asrama atau rintisan pondok pesantren Matholi’ul Huda Troso.

Pada proses pengecoran ini menghabiskan lebih dari 108 juta. Dan total pengeluaran dalam pembangunan gedung baru 3 lantai sampai saat ini di laporan tahap 3 sudah menjadi 1,8 M. Semoga pembangunan diberikan kelancaran oleh Allah dan semoga suatu hari nanti akan menjadi pondok pesantren besar, maju, dan memberkahi umat. (Syah)

  • 0
  • Baca: 23 kali

Lomba Nada Dakwah Menjadi Puncak Acara Class Meeting MA Matholi’ul Huda Troso Semester Gasal Tahun 2020-2021

Troso, MAMHTROSO.com – Pasca lakoni Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal 2020-2021, OSIS MA Matholi’ul Huda Troso agendakan Class Meeting, Rabu (16/12/2020).

Class Meeting yang akan dilaksanakan oleh OSIS ini berjumlah 9  mata lomba. Yang biasanya setiap Class Meeting mengagendakan minimal 20 lomba, namun karena akibat Pandemi Covid-19 mata lomba yang sifatnya keolah-ragaan ditiadakan. 9 lomba tersebut adalah Lomba Dakwah, Pitutur Agami, Lari Balok, Memasak, Lari Ban, Botol Sarung, Karet Gelang Menyongnyong, Oper Kantong, dan Gobak Sodor.

Sebagai puncak kegiatan Class Meeting  kali ini adalah diadakannya Lomba Pitutur Agami dengan diiringi Grup Qosidah Al Maida. Sedangkan di hari berikutnya yaitu Lomba Dakwah oleh perwakilan siswa dari masing-masing kelas dengan diiringi Orkes Melayu bernuansa dakwah Islam, Maherta.

Kegiatan sekolah yang mempertemukan antar kelas dalam berbagai pertandingan dan perlombaan. Jika dilaksanakan dengan baik maka kegiatan classmeeting akan membawa manfaat luar biasa bagi siswa. Selain untuk mempererat tali silaturrahmi antar sesama siswa, juga menjadi ajang menambah keakraban antara siswa di sekolah. Menjadi media refreshing siswa seusai ujian semester dan menyalurkan bakat dan minat siswa dalam berbagai bidang kegiatan. Selain itu juga melatih mental bersaing dan sportifitas dalam perlombaan dan pertandingan. (Syah)

  • 0
  • Baca: 32 kali

YPI Matholi’ul Huda Troso Gelar Doa Bersama untuk Rencana Pembukaan Madrasah Berasrama (Rintisan Pondok Pesantren)

Troso, MAMHTROSO.com – Seluruh anggota Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Matholi’ul Huda Troso Pecangan Jepara diundang untuk istighotsah dan doa bersama, Ahad (6/12/2020). Doa ini dipanjatkan untuk rencana pembukaan madrasah berasrama atau disebut dengan rintisan pondok pesantren Matholi’ul Huda Troso.

Acara ini juga dijadikan sebagai bentuk silaturrahmi dari seluruh unit yang ada di bawah naungan YPI. Matholi’ul Huda Troso, mulai dari RA, MI, MTs., MA dan Madin. Dimulai pada pukul 09.00 WIB di Aula MA Matholi’ul Huda Troso dipimpin oleh Dewi Setiyana, S.Pd.I. sebagai pembawa acara.

Rangkaian acara mulai dari tahlil dipimpin oleh Bpk. Abdul Amin, Istighatsah dipimpin oleh Bpk. H. Ismail, S.Pd.I., barzanji dipimpin oleh Bpk. Noor Ubaidillah, S.Pd.I. dan doa dipimpin oleh Ustad Talkhis.

Sambutan yang pertama disampaikan oleh Ketua Yayasan Pendidikan Islam Matholi’ul Huda Troso, yaitu Bapak H. Sunarto. Beliau menyampaikan bahwa gedung belakang akan dibangun 3 lantai yang berisi 24 lokal dan 30 kamar mandi. Beliau juga menyampaikan bahwa nantinya Madrasah Berasrama Rintisan Pondok Pesantren Matholi’ul Huda Troso rencananya akan membuka 3 kelas jurusan, mulai dari Tahfidh, Kitab Kuning/Basaha, dan Sains/MIPA.

Disambutan berikutnya oleh Drs. H. Nur Kholis Syam’un, dengan rencana dibukanya Rintisan Pondok Pesantren Matholi’ul Huda Troso ini dimaksudkan akan muncul ponpes-ponpes baru di Troso supaya banyak pilihan. Berharap An Nur dan Baitul Qur’an menjadi besar berjalan beiringan dengan ponpes-ponpes yang lain. (Syah)

  • 0
  • Baca: 24 kali

Alumni MA Matholi’ul Huda Troso Angkatan 2019-2020 Goes to Jakarta

Troso, MAMHTROSO.com – Alumni MA Matholi’ul Huda Troso, atau siswa kelulusan Tahun Pelajaran 2019-2020 mengadakan perjalanan wisata ke Jakarta kemarin, Jumat (23/10/2020). Kegiatan ini sebenarkan diagendakan pada bulan Mei kemarin, namun karena terjadi pandemi Covid-19 sejak bulan Maret dan Jakarta memberlakukan PSBB maka kegiatan ini tertunda.

Lihat galerinya klik disini

Bekerjasama dengan BIRO CV. PERMATA AL BASITH, MA Matholi’ul Huda Troso akhirnya berhasil memberangkatkan kurang lebih 220-an orang alumni dan perwakilan guru ke Jakarta. Sebenarnya perjalanan wisata ini akan dibatalkan. Namun pihak biro yang sejak awal tahun sudah membayar uang muka ke pengelola Wisata Ancol, maka mau tidak mau harus menunggu dibukanya wisata tersebut.

Dengan mengendarai 5 bus pariwisata Putra Pelita Jepara (PPJ) perjalanan wisata ini diberangkatkan pada Kamis (22/10/2020) sore sekitar pukul 17.00 WIB. Sebelum pemberangkatan Drs. H. Nur Kholis Syam’un berpesan agar perjalanan ini tidak hanya digunakan untuk bersenang-senang, namun juga bermanfaat untuk mendoakan para tokoh-tokoh perjuangan Islam. Yaitu berziarah ke Makam Al Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Alatas di Pekalongan dan juga berziarah ke Makam Habib Hasan Al Haddad atau lebih akrab disebut Mbah Priuk, di daerah Koja, Jakarta Utara.

Perjalanan wisata ini rencana awal ke Masjid Istiqlal, Monas, dan Dunia Fantasi Ancol. Namun karena sebagian ada penutupan karena pandemi dan demo, maka hanya bisa ke Kompleks Ancol tepatnya ke  Ocean Dream Ancol (Gelanggang Samudra) dan Dunia Fantasi.

Ada beberapa alumni yang terpaksa tidak bisa mengikuti perjalanan wisata ini, karena sudah bekerja dan juga ada yang mengikuti perkulihan daring. Namun sebelum pemberangkatan Kepala Madrasah sudah beberapa kali memberikan pengarahan dan pemahaman sehingga nantinya tidak muncul fitnah. Bahkan jika memang berhalangan untuk tidak ikut bisa diwakili oleh saudara-saudaranya yang bersedia untuk ikut. (Syah)

  • 0
  • Baca: 278 kali

MA Matholi’ul Huda Troso Meminimalisir Penggunaan Kuota Internet Untuk Pembelajaran Daring Siswa

Troso, MAMHTROSO.com – Setelah pada minggu sebelumnya siswa masuk untuk daftar ulang, pembagian buku, dan LKS,  Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara secara resmi melaksanakan pembelajaran dalam jaringan (daring) di tahun pelajaran 2020-2021 mulai kemarin, Sabtu (19/7/2020).

Proses Pembelajaran daring di MA Matholi’ul Huda Troso dijadwalkan 3 mata pelajaran dengan durasi 3 jam setiap harinya, yaitu mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Wali kelas melaksanakan absensi lewat aplikasi Whatsapp pada pukul 07.30 WIB, selanjutnya masing-masing guru memberikan materi pembelajaran kepada siswa sesuai jadwal.

Pembelajaran daring di tahun pelajaran baru ini MA Matholi’ul Huda Troso berupaya untuk meminimalisir pemakaian kuota internet oleh siswa. Karena dari pengalaman di tahun pelajaran sebelumnya, banyak siswa yang mengeluh tentang borosnya pemakaian kuota data internet untuk proses pembelajaran secara daring ini.

Maka untuk menindak-lanjuti hal tersebut madrasah menjadwalkan satu minggu sekali siswa harus hadir ke madrasah secara bergiliran untuk mengumpulkan tugas dari guru dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan mencuci tangan sebelum dan sesudah memasuki lingkungan madrasah.

Mata pelajaran yang diajarkan dalam pembelajaran daring ini adalah mata pelajaran utama, peminatan dan mata pelajaran PAI. Sementara untuk mata pelajaran muatan lokal tidak bisa diajarkan terlebih dahulu, karena jadwal yang tidak memungkinkan.

Pembelajaran daring ini akan berakhir paling cepat akhir Bulan September 2020. Semoga secepatnya akan pulih kembali dan dapat melaksanakan pembelajaran secara tatap muka agar lebih efektif. (Syah)

  • 0
  • Baca: 357 kali

YPI Matholi’ul Huda Troso Berduka : H. Abdullah Handhiq Berpulang Ke Rahmatullah

Troso, MAMHTROSO.com - Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Keluarga besar Matholi'ul Huda Troso berduka atas wafatnya H. Abdullah Handhiq. Beliau adalah salah satu pengurus Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara.

Beliau menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 54 tahun di rumah pada hari Sabtu, (18/7/2020) pukul 01.50 WIB dini hari. Beliau meninggal karena sakit kanker paru-paru dan sempat menjalani perawatan selama beberapa minggu di rumah sakit. Jenazah almarhum dikebumikan pada pagi hari ini sekitar pukul 10.00 WIB di tempat pemakaman umum Gegunung.

Drs. H. Sobari mewakili dari Ketua YPI Matholi'ul Huda Troso sekaligus dari Yayasan Islam Datuk Ampel Troso, dalam acara takziyah almarhum menyampaikan bahwa jasa-jasa H. Abdullah Handhiq semasa hidup begitu besar. Selain sebagai pengurus YPI Matholi’ul Huda Troso, beliau juga termasuk juga dalam pengurus Yayasan Masjid Datuk Ampel Troso. Beliau sangat bersemangat dalam pembangungan yang bermanfaat untuk umat. H. Abdullah Handhiq dikenal sebagai pengusaha ulung. Beberapa kali mengalami kemerosotan dalam usahanya tetapi dengan cepat beliau segera bangkit. Beliau juga rajin berjama’ah di masjid, hampir tidak pernah beliau meninggalkan sholat jama’ah di masjid. Bahkan ketika beliau sudah mulai sakit, masih menyempatkan untuk berjama’ah meskipun memilih shaf paling belakang.

Dalam kesempatan ini para dewan guru mulai dari RA, MI, MTs., MA, dan Madin ikut berbela sungkawa sedalam-dalamnya dan menyempatkan untuk takziyah ke rumah duka. (Syah)

  • 0
  • Baca: 341 kali

Hari ini MA dan MTs. MH Troso Agendakan Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru dan Daftar Ulang Siswa Kelas XI dan XII Tahun 2020-2021

Troso, MAMHTROSO.com – Memasuki tahun ajaran baru 2020-2021 Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah Matholi’ul Huda Troso agendakan daftar ulang untuk siswa lama dan pengumuman penerimaan peserta didik baru pagi ini, Sabtu (11/7/2020).

Sebelum agenda ini dilaksanakan, Drs. H. Nur Kholis Syam’un Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso mengumpulkan seluruh civitas akademika MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso di halaman madrasah. Beliau mengajak doa bersama agar semuanya diberikan keselamatan dan kemudahan. Setelah itu beliau dengan singkat memberikan informasi kepada seluruh siswa terkait agenda hari ini dan sistem pembelajaran selama beberapa minggu kedepan.

Berbeda dengan wilayah Jawa Tengah yang lain seperti Blora, Tegal, dll. mereka mulai Senin lusa sudah bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka. Namun karena Kabupaten Jepara termasuk zona merah covid-19, maka pemerintah masih melarang siswa untuk masuk sekolah dengan pembelajaran tatap muka. Sehingga untuk sementara pembelajaran harus dilaksanakan dengan sistem daring/online sampai akhir Bulan September 2020. Dan MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso berupaya untuk memberikan pembelajaran yang lebih efektif dari tahun pelajaran yang kemarin tetapi juga tidak terlalu membebani siswa dalam penggunaan kuota data internet.

Berkaitan dengan teknis pembelajaran siswa selama pandemi covid-19, MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso Senin besok rencananya akan memberikan jadwal pelajaran dengan 3 mata pelajaran setiap harinya. Sebagian besar dengan teknik penugasan dan dikumpulkan secara tertulis ke madrasah 1 minggu sekali atau dua kali. Tentu saja dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker dan mencuci tangan.

Hari ini akan diumumkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2020, bagi siswa yang diterima di MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso Senin (13/7/2020) lusa harus membayar daftar ulang sebesar Rp 200.000,- (dua ratus ribu rupiah). Daftar ulang ini untuk membayar SPP selama 2 bulan (Juli dan Agustus), membayar LKS, dan alat kebersihan untuk masing-masing kelas.

Sementara untuk siswa Kelas XI dan XII hari ini daftar ulang dan pembagian buku PAI. Dan pada Senin lusa akan diagendakan untuk pembagian kelas baru, pembagian LKS, dan pembentukan kepengurusan kelas dengan wali kelas yang baru. (Syah)

  • 0
  • Baca: 338 kali
Berlangganan RSS feed