Masuk

MA Matholi’ul Huda Troso Meminimalisir Penggunaan Kuota Internet Untuk Pembelajaran Daring Siswa

Troso, MAMHTROSO.com – Setelah pada minggu sebelumnya siswa masuk untuk daftar ulang, pembagian buku, dan LKS,  Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara secara resmi melaksanakan pembelajaran dalam jaringan (daring) di tahun pelajaran 2020-2021 mulai kemarin, Sabtu (19/7/2020).

Proses Pembelajaran daring di MA Matholi’ul Huda Troso dijadwalkan 3 mata pelajaran dengan durasi 3 jam setiap harinya, yaitu mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Wali kelas melaksanakan absensi lewat aplikasi Whatsapp pada pukul 07.30 WIB, selanjutnya masing-masing guru memberikan materi pembelajaran kepada siswa sesuai jadwal.

Pembelajaran daring di tahun pelajaran baru ini MA Matholi’ul Huda Troso berupaya untuk meminimalisir pemakaian kuota internet oleh siswa. Karena dari pengalaman di tahun pelajaran sebelumnya, banyak siswa yang mengeluh tentang borosnya pemakaian kuota data internet untuk proses pembelajaran secara daring ini.

Maka untuk menindak-lanjuti hal tersebut madrasah menjadwalkan satu minggu sekali siswa harus hadir ke madrasah secara bergiliran untuk mengumpulkan tugas dari guru dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan mencuci tangan sebelum dan sesudah memasuki lingkungan madrasah.

Mata pelajaran yang diajarkan dalam pembelajaran daring ini adalah mata pelajaran utama, peminatan dan mata pelajaran PAI. Sementara untuk mata pelajaran muatan lokal tidak bisa diajarkan terlebih dahulu, karena jadwal yang tidak memungkinkan.

Pembelajaran daring ini akan berakhir paling cepat akhir Bulan September 2020. Semoga secepatnya akan pulih kembali dan dapat melaksanakan pembelajaran secara tatap muka agar lebih efektif. (Syah)

  • 0
  • Baca: 125 kali

YPI Matholi’ul Huda Troso Berduka : H. Abdullah Handhiq Berpulang Ke Rahmatullah

Troso, MAMHTROSO.com - Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Keluarga besar Matholi'ul Huda Troso berduka atas wafatnya H. Abdullah Handhiq. Beliau adalah salah satu pengurus Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara.

Beliau menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 54 tahun di rumah pada hari Sabtu, (18/7/2020) pukul 01.50 WIB dini hari. Beliau meninggal karena sakit kanker paru-paru dan sempat menjalani perawatan selama beberapa minggu di rumah sakit. Jenazah almarhum dikebumikan pada pagi hari ini sekitar pukul 10.00 WIB di tempat pemakaman umum Gegunung.

Drs. H. Sobari mewakili dari Ketua YPI Matholi'ul Huda Troso sekaligus dari Yayasan Islam Datuk Ampel Troso, dalam acara takziyah almarhum menyampaikan bahwa jasa-jasa H. Abdullah Handhiq semasa hidup begitu besar. Selain sebagai pengurus YPI Matholi’ul Huda Troso, beliau juga termasuk juga dalam pengurus Yayasan Masjid Datuk Ampel Troso. Beliau sangat bersemangat dalam pembangungan yang bermanfaat untuk umat. H. Abdullah Handhiq dikenal sebagai pengusaha ulung. Beberapa kali mengalami kemerosotan dalam usahanya tetapi dengan cepat beliau segera bangkit. Beliau juga rajin berjama’ah di masjid, hampir tidak pernah beliau meninggalkan sholat jama’ah di masjid. Bahkan ketika beliau sudah mulai sakit, masih menyempatkan untuk berjama’ah meskipun memilih shaf paling belakang.

Dalam kesempatan ini para dewan guru mulai dari RA, MI, MTs., MA, dan Madin ikut berbela sungkawa sedalam-dalamnya dan menyempatkan untuk takziyah ke rumah duka. (Syah)

  • 0
  • Baca: 141 kali

Hari ini MA dan MTs. MH Troso Agendakan Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru dan Daftar Ulang Siswa Kelas XI dan XII Tahun 2020-2021

Troso, MAMHTROSO.com – Memasuki tahun ajaran baru 2020-2021 Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah Matholi’ul Huda Troso agendakan daftar ulang untuk siswa lama dan pengumuman penerimaan peserta didik baru pagi ini, Sabtu (11/7/2020).

Sebelum agenda ini dilaksanakan, Drs. H. Nur Kholis Syam’un Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso mengumpulkan seluruh civitas akademika MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso di halaman madrasah. Beliau mengajak doa bersama agar semuanya diberikan keselamatan dan kemudahan. Setelah itu beliau dengan singkat memberikan informasi kepada seluruh siswa terkait agenda hari ini dan sistem pembelajaran selama beberapa minggu kedepan.

Berbeda dengan wilayah Jawa Tengah yang lain seperti Blora, Tegal, dll. mereka mulai Senin lusa sudah bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka. Namun karena Kabupaten Jepara termasuk zona merah covid-19, maka pemerintah masih melarang siswa untuk masuk sekolah dengan pembelajaran tatap muka. Sehingga untuk sementara pembelajaran harus dilaksanakan dengan sistem daring/online sampai akhir Bulan September 2020. Dan MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso berupaya untuk memberikan pembelajaran yang lebih efektif dari tahun pelajaran yang kemarin tetapi juga tidak terlalu membebani siswa dalam penggunaan kuota data internet.

Berkaitan dengan teknis pembelajaran siswa selama pandemi covid-19, MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso Senin besok rencananya akan memberikan jadwal pelajaran dengan 3 mata pelajaran setiap harinya. Sebagian besar dengan teknik penugasan dan dikumpulkan secara tertulis ke madrasah 1 minggu sekali atau dua kali. Tentu saja dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker dan mencuci tangan.

Hari ini akan diumumkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2020, bagi siswa yang diterima di MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso Senin (13/7/2020) lusa harus membayar daftar ulang sebesar Rp 200.000,- (dua ratus ribu rupiah). Daftar ulang ini untuk membayar SPP selama 2 bulan (Juli dan Agustus), membayar LKS, dan alat kebersihan untuk masing-masing kelas.

Sementara untuk siswa Kelas XI dan XII hari ini daftar ulang dan pembagian buku PAI. Dan pada Senin lusa akan diagendakan untuk pembagian kelas baru, pembagian LKS, dan pembentukan kepengurusan kelas dengan wali kelas yang baru. (Syah)

  • 0
  • Baca: 149 kali

Pembagian Berkas Kelulusan Siswa Kelas XII MA MH Troso Tahun 2019-2020 Dilaksanakan Dengan Singkat

Troso, MAMHTROSO.com – Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara Tahun 2019-2020 menerima berkas kelulusan pagi ini, Jum’at (10/7/2019). Berkas kelulusan tersebut terdiri dari Ijazah sementara, Sertifikat UAMBN, Syahadah, Certivicate, Piagam Tata Boga, Piagam Tata Busana, Piagam Komputer, Piagam Pengurus OSIS dan Pramuka, Sertifikat Kelompok Kajian Kitab Kuning, Raport, dan CD Foto.

Sangat berbeda dengan pada tahun-tahun sebelumnya, di masa pandemi Covid 19 ini tidak bisa menyelenggarakan Perpisahan atau Muwadda’ah dengan mengundang orang tua wali dan siswa. Kali ini acara perpisahan hanya membagikan dokumen kelulusan dengan singkat dan cepat. Dan sesuai protokol kesehatan, siswa Kelas XII yang hadir untuk mengambil dokumen kelulusan ini diwajibkan untuk memakai masker dan mencuci tangan.

Dengan singkat Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso menyampaikan pesan kepada siswa-siswinya. Pertama, beliau mengajak berdoa bersama siswa-siswi untuk keluarga. Sekaligus mendoakan Bapak H. Abdullah Handiq semoga diberikan kesembuhan dan dapat beraktivitas sebagaimana biasanya. Beliau adalah ayahanda dari salah satu guru Fetty Amalia, S.E. dan juga salah satu pengurus Yayasan Pendidikan Islam Matholi’ul Huda Troso. Kedua, berdoa untuk situasi sekarang ini yang semakin menakutkan. Semoga covid-19 ini segera hilang dari Desa Troso, Jepara, Indonesia dan secara umum di dunia. Ketiga, semoga perekonomian yang terdampak karena virus ini segera dipulihkan oleh Allah. Dengan membaca Surat Yasin ayat 58, “Salamun Qoulam Mirrobbirrohim” 11 kali dan “Allahumma antassalam”.

Pesan pertama dari Kepala Madrasah untuk siswa yang pertama adalah selalu pegang pancajiwa. Yaitu keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, penolong, dan ukhuwah islamiyah. Karena dalam hidup tidak semua dikalkulasi dengan uang. Semuanya harus dikembalikan kepada Allah. Uang hanya implikasi, penting tetapi tidak segalanya. Selalu hidup dengan kesederhanaan, dandanan dan make-up jangan terlalu berlebihan. Kemandirian itu penting, bekerja untuk membiayai diri sendiri itu manusia hebat, jangan hanya selalu membebani dan menuntut orang tua. Berusah selalu menjadi penolong, jangan hanya selalu berterima kasih, tetapi harus selalu berusaha mendapatkan ucapan terima kasih dari orang lain. Dan jadilah manusia yang tidak mudah tersinggung atau tempramental untuk menjaga Ukhuwah Islamiyah antar saudara dan teman. Dari pancajiwa inilah yang akan menjadikan pribadi-pribadi mutiara. Bergerak karena Allah, dan motivasi semuanya adalah ibadah.

Kedua, beliau juga berpesan agar seluruh lulusan Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso menjadi corong-corong, baliho, banner, spanduk, brosur madrasah. Dengan mentalitas dan sikap yang baik hidup di tengah-tengah masyarakat. Tidak malah jadi provokator dengan menabur dosa pada diri sendiri, guru dan madrasah. Menjadi manusia yang fanatis dalam arti positif dengan agama dan madrasah.

“Jika ada siswa tamat Aliyah, tetapi pacaran dan bahkan sampai berzina, berarti dia adalah SAMPAH. Termasuk foto-foto prewedding padahal belum sah menjadi suami istri tetapi sudah berpegang-pegangan, dll. itu HARAM”, tegasnya. Beliau ingin suatu saat nanti mendengar suara-suara keindahan, peran dan sikap yang baik, prestasi dan menjadi manusia yang berguna dari para alumni. Tidak malah mendengar suara-suara yang buruk dengan pergaulan bebas yang sudah menjalar di kalangan remaja saat ini.

Berkaitan dengan piknik, madrasah seperti tersandra oleh siswa dan biro perjalanan. Karena madrasah sudah membayar DP 30 juta ke biro untuk dibelikan voucher Ancol. Piknik pasti akan diberangkatkan tetapi belum tahun kapan dan mudah-mudahan secepatnya. Agar siswa semuanya paham dan tidak muncul fitnah nantinya.

Terakhir, siswa dengan guru bermushofahah dan pembagian berkas kelulusan. Siswa yang belum lunas administasi dan yang tertunda kelulusannya karena sikap, maka harus menyelesaikan tugasnya terlebih dahulu. Yang belum lunas tentunya harus membayar, dan yang bermasalah dengan sikap harus membaca alqur’an sampai khatam. Karena ketika meninggalkan madrasah semuanya harus dalam keadaan bersih. Tidak ada tanggungan apapun yang masih menjadi hambatan dalam keberkahan. (Syah)

  • 0
  • Baca: 135 kali

Singkat dan Cepat MA MH Troso Bagikan Raport Siswa Kelas X dan XI Semester Genap Tahun 2019-2020

Troso, MAMHTROSO.com – MA Matholi’ul Huda Troso agendakan pembagian raport siswa kelas X dan XI semester genap tahun pelajaran 2019-2020 hari ini, Selasa (30/6/2020).

Pembagian raport kali ini tidak seperti biasanya yang mengundang wali murid dan memberikan banyak informasi dari masing-masing wali kelas. Namun karena di tengah-tengah wabah covid-19, pembagian raport ini diambil oleh siswa sendiri dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yaitu dengan memakai masker dan cuci tangan.

Sesuai dengan surat edaran, pembagian raport ini dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB dengan pakaian bebas yang sopan. Sebelumnya secara singkat Kepala Madrasah memberikan pengarahan kepada seluruh siswa di halaman. Pertama, beliau mengajak seluruh siswa dan guru untuk beristighfar bersama-sama. Dilanjutkan dengan menyampaikan kabar duka dan rasa bela sungkawa, karena salah satu dari orang tua murid (Ibu Rubi’ah Ibunda dari Muhammad Arifin Ilham) telah meninggal dunia. Kemudian Kepala Madrasah mengajak doa bersama untuk orang tua agar selalu diberikan kesehatan. Dan mendoakan madrasah dengan membaca surat An Nasr 3 kali, agar tahun ini mendapat murid yang baik-baik dan banyak.

Setelah pembagian raport hari ini, siswa memasuki hari libur semester genap sampai tanggal 10 juli 2020. Sedangkan pada tanggal 11 Juli 2020 siswa masuk untuk daftar ulang bersamaan dengan pengumuman untuk calon peserta didik baru tahun 2020-2021. Daftar ulang siswa harus membayar 200 ribu dengan ketentuan untuk membayar SPP selama 2 bulan, LKS, dan perlengkapan kebersihan kelas.

Kemudian pada tanggal 13 Juli 2020, siswa kembali masuk untuk pembagian kelas, pembagian buku dan LKS. Memasuki tahun ajaran baru ini Kepala Madrasah memprediksikan masih tetap sebagai mana semester lalu. Yaitu pembelajaran dari rumah secara daring. Maka sekali lagi agenda tahunan madrasah di awal tahun pelajaran yaitu lomba menghias kelas dan 5K akan dihapus.

Sebelum pembagian raport dimulai, siswa-siswi diwajibkan untuk membersihkan kelasnya masing-masing selama 10 menit. Setelah kebersihan kelas, pembagian raport dilaksanakan dengan singkat dan siswa diwajibkan langsung pulang ke rumah masing-masing. Ada beberapa siswa yang belum bisa diberikan raportnya karena secara administratif belum lengkap dan juga ada beberapa siswa karena sikap yang masih ada catatan dari guru-guru. (syah)

  • 0
  • Baca: 155 kali

Pergantian Pengurus OSIS dan Dewan Ambalan Setiabudi-Fatmawati MA Matholi’ul Huda Troso Dilaksanakan dengan Singkat Kemarin

Troso, MAMHTROSO.com – Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso selenggarakan serah terima jabatan pengurus OSIS dan Dewan Ambalan secara singkat kemarin, Rabu (24/6/2020). Hal tersebut karena masih dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus Covid-19.

Memang tidak seperti biasanya Ketua OSIS dan Pradana Dewan Ambalan yang biasanya menggunakan sistem voting atau pemilihan umum, namun kali ini pengurus baru adalah dari hasil musyawarah guru dan kepala madrasah. Namun untuk susunan kepengurusannya tetap diserahkan secara langsung kepada siswa. Begitu juga dengan proses Laporan Pertanggung-Jawaban dan Serah Terima Jabatan yang biasanya dilaksanakan Hall Muslimat NU dengan disaksikan oleh seluruh siswa-siswi dan dewan guru, kali ini hanya secara singkat dan sederhana pengurus baru diberikan pengarahan oleh Kepala Madrasah di halaman. Dengan dihadiri oleh seluruh pengurus baru yang berjumlah sekitar 60-an siswa dan sebagian pengurus lama.

Untuk tahun pelajaran 2020-2021 Ketua OSIS dijabat oleh Nilam Maharani (XI MIA-1), Wakil Ketua OSIS oleh Muhammad Sholikul Huda, Pradana Putra dijabat oleh Muhammad Ilham Syah (XI MIA-2) dan Pradana Putri dijabat oleh Aulia Fitriani (XI MIA-1).

Dalam rangka memantapkan kepengurusan baru, Drs. H. Nur Kholis Syam’un memberikan pengarahan yang singkat kemarin. Beliau berpesan agar pengurus baru dapat mengemban tugas lebih baik dan dapat memperbaiki seksi-seksi yang mungkin tahun kemarin masih berjalan kurang efektif. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada pengurus lama, semoga menjadi catatan sejarah dalam rangka ikut membesarkan madrasah.

Setelah pengarahan dari kepada madrasah, pengurus lama menanda-tangani berita acara serah terima jabatan dan diberikan kepada pengurus baru. (Syah)

  • 0
  • Baca: 173 kali

Lebih Disiplin dan Tertib - Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Online Tahun Pelajaran 2019-2020

Troso, MAMHTROSO.com – Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara selenggarakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) mulai kemarin, Senin (8/6/2020). PAT ini dijadwalkan selama 7 hari kedepan yaitu sampai pada hari Senin (15/6/2020). Dan ada 14 mata pelajaran yang diujikan baik mata pelajaran umum, mata pelajaran pendidikan agama islam, penjurusan, peminatan dan lintas minat.

PAT kali ini dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi google form sebagaimana yang pernah dipraktikkan pada saat Pekan Ulangan Bersama ke-2 Semester Genap (PUB) bulan kemarin. Hal tersebut karena sesuai dengan kebijakan untuk mengantisipasi adanya penyebaran virus covid-19. Hingga sekarang pembelajaran maupun berbagai macam ulangan dilaksanakan secara daring atau online.

Jika pada PUB kemarin soal yang diujikan berjumlah 25 pilihan ganda, PAT ini soal ditambah menjadi 30 soal pilihan ganda setiap mata pelajaran. Kecuali mata pelajaran eksak hanya mengujikan 25 soal pilihan ganda.

Evaluasi dari pelaksanaan PUB online bulan kemarin, kali ini pihak madrasah menegaskan agar seluruh siswa kelas X dan XI dapat mengikuti PAT ini dengan baik dan tepat waktu. Pasalnya tidak ada toleransi bagi siswa yang kurang prihatin terhadap pelaksanaan PAT ini. Siswa yang tidak mengikuti PAT satu mapel saja akan ditindak tegas oleh madrasah dengan memanggilnya dan mengerjakan di madrasah sendiri. Maka untuk mengantisipasi hal tersebut pihak madrasah langsung membuat tata tertib khusus untuk pelaksanaan PAT Online. Dan alhamdulillah, pelaksanaan PAT ini lebih baik dari pada PUB pada bulan kemarin. (Syah)

  • 0
  • Baca: 210 kali

Menyambut Hari Raya Idhul Fitri 1441 H, YPI Matholi’ul Huda Troso Rilis Video Cover Lagu “Lebaran”

Troso, MAMHTROSO.com - Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara meliris video cover lagu lebaran pagi ini, Jum’at (22/5/2020). Lagu yang berjudul “lebaran” ini dipopulerkan oleh H. Rhoma Irama dipilih langsung Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso. Bekerjasama dengan Hermansyah sebagai vocalis utama dan sebagai backing vocal salah satu guru Nur Muzaroh dan 2 siswa yaitu Sumiati dan Nilam Maharani.

“Pandai-pandailah mengambil hikmah, di hari raya yang mulia, tingkatkan iman, amal, dan taqwa serta perkuat ukhuwah”, salah satu potongan liriknya banyak sekali mengandung makna yang baik untuk dapat diterapkan oleh seluruh civitas akademika Matholi’ul Huda Troso.

Syaifur Rohman sebagai kreator, direktor, kameramen, sekaligus editing mengkonsep video cover ini dengan cukup singkat. Proses pengambilan suara dilakukan di Studio Musik MA Matholi’ul Huda Troso dan pengambilan video diambil di depan showroom kain tenun milik H. Sumarlan.

Tujuan diproduksinya video ini salah satunya untuk ucapan Selamat Hari Raya 1441 H dari YPI Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara, melalui nada dan dakwah sebagaimana yang dicetuskan oleh H. Rhoma Irama yang terkenal dengan lagu-lagu dakwahnya. (Syah)

Lihat video lengkapnya – klik di bawah ini

  • 0
  • Baca: 292 kali
Berlangganan RSS feed