Masuk

Upacara Pengibaran Bendera – Andika Wisnu Saputra, S.Pd. : Belajar dari Filosofi Tumbuh Kembangnya Pohon Jati

Troso, MAMHTROSO.com – Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara menyelenggarakan Upacara pengibaran bendera Merah Putih pagi ini, Sabtu (12/1/2019). Upacara ini adalah kali pertama dilaksanakan setelah masuk semester genap tahun pelajaran 2018-2019.

Petugas upacara adalah perwakilan dari siswa MTs. Matholi’ul Huda Troso. Dikomandani oleh Ikrar Fitra Anggito Sunarto dan sebagai pengibar bendera adalah Khurin Aini, Puput Mazia Rosyada, dan Riska Safitri. Semuanya berjalan dengan baik dari awal dimulainya upacara hingga selesai.

Andika Wisnu Saputra, S.Pd., salah satu guru mata pelajaran Fisika di MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara kali ini berkesempatan menjadi Pembina Upacara. Dalam amanatnya beliau bercerita tentang penemuan fosil kapal Nabi Nuh yang ditemukan oleh peneliti di salah satu puncak gunung Negara Turki. Dari penelitian itu ternyata bahan pembuatan kapal yang diduga adalah peninggal Nabi Nuh tersebut terbuat dari bahan kayu jati, yang struktur kandungannya sama dengan kayu jati yang ada di daerah jawa timur.

Kayu jati memang terkenal dengan kualitasnya. Selaras dengan itu harganya juga lebih mahal jika dibandingkan dengan kayu-kayu yang lain. Hal tersebut karena struktur kandungan kayu jati yang padat dan tahan dengan binatang-binatang pemangsa kayu, seperti rayap, dll.

Kenapa kayu jati sangat baik kualitasnya ? Ternyata berdasarkan penelitian adalah dari perilaku pohon jati ketika masih hidup. Pohon jati dapat menyesuaikan diri di musim apapun. Bahkan ketika musim kemarau panjang, pohon jati dapat menggugurkan hampir seluruh daunnya. Pohon jati dapat berpuasa, atau istilah jawanya adalah “topo” untuk keberlangsungan hidupnya. Maka tidak heran jika kayu jati dapat bertahan sangat lama dan menjadi sangat besar.

Dari perilaku pohon jati tersebut, tentu dapat diambil manfaatnya untuk kehidupan manusia. Jika pohon jati dapat menahan diri untuk keberlangsungan hidupnya untuk menjadi kayu dengan kualitas yang baik. Maka seorang siswa harus dapat menahan diri agar nantinya menjadi manusia-manusia yang unggul, berkualitas, dan punya nilai lebih. Tentu saja dengan mematuhi semua peraturan dan tidak melakukan hal-hal yang dilarang oleh madrasah.

“Kalau dalam ilmu Fisika Hukum Gerak Newton memiliki rumus F aksi = - F reaksi. Maka ini sangat jelas apapun yang kita perbuat pasti akan kembali pada kita”, pungkasnya. (syah)

  • 0
  • Baca: 21 kali

MA dan MTs. MH Troso Pecangaan Jepara Adakan Apel Pagi Pasca Libur Semester Gasal TP. 2018-2019

Troso, MAMHTROSO.com - Pasca libur panjang semester gasal tahun pelajaran 2018-2019 Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara adakan morning briefing, Kamis (3/1/2019) kemarin. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh civitas akademika MTs. Dan MA Matholi’ul Huda Troso yang kurang lebih ada sebanyak 1.200-an orang siswa dan 50-an Dewan Guru.

Morning briefing atau yang disebut apel pagi ini adalah salah satu bentuk sarana komunikasi kepala madrasah langsung bertatap muka kepada suluruh siswa-siswinya yang dilaksanakan pada pagi hari sebelum proses pembelajaran dimulai. Bentuk komunikasi yang dilaksanakan secara kondisional ini biasanya untuk menyampaikan motivasi kehidupan dan informasi kemadrasahan.

Pada kesempatan kali ini Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara pertama kali mengajak seluruh siswa untuk berdoa. Pertama, mendoakan para guru dan orang tua agar selalu diberikan kesehatan, dimudahkan urusannya dan rizki yang melimpah. Kedua, mendoakan program madrasah termasuk infrastruktur pembangungan madrasah gedung 3 lantai. Dan ketiga, mendokan kementerian agama agar semakin baik dan maju, karena pada hari tersebut bertepatan dengan Hari Amal Bakti ke-73 Kementerian Agama.

مَنْ خَرَجَ فِى طَلَبِ اْلعِلْمِ فَهُوَ فِى سَبِيْلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ

Artinya : barang siapa yang keluar rumah untuk mencari ilmu maka ia ada di jalan Allah hingga ia kembali

Kepala Madrasah menyampaikan bahwa berdasarkan hadits tersebut jika ada seorang siswa yang dari rumah niatnya benar-benar untuk mencari ilmu maka setiap langkah keluar dari rumah sampai di madrasah hingga pulang kembali ke rumah adalah termasuk di jalan Allah. Bahkan jika pada saat perjalanan tersebut dia mengalami kecelakaan dan meninggal, dia termasuk mati dalam keadaan syahid.

Akan tetapi niat seorang siswa pergi ke sekolah di zaman sekarang kebanyakan diniatkan hanya untuk tujuan remeh. Rata-rata hanya untuk mendapatkan ijazah, nilai tinggi, dan pekerjaan yang baik. Padahal tujuan utama siswa pergi sekolah sebetulnya adalah untuk meningkatkan derajatnya agar menjadi manusia-manusia yang mulia dan bermanfaat di masyarakat.

Selanjutnya Kepala Madrasah menyampaikan agenda hari pertama masuk sekolah. Selain melakukan ritual pagi mulai dari sholat dhuha berjama’ah, membaca AL Qur’an, Istighosah, dll. pada pagi itu juga diagendakan untuk pembagian Lembar Kerja Siswa (LKS). Akan tetapi beliau menegaskan bahwa hanya siswa yang sudah lunas akan diberikan LKS tersebut. Pihak madrasah akan semakin tegas dengan pembayaran administrasi siswa yang selama ini kurang diperhatikan oleh siswa maupun orang tua siswa.   

Selain itu berkaitan dengan Morning Fun, Kepala Madrasah akan mengupayakan tetap diadakan selama semester genap. Mengingat pada tahun-tahun sebelumnya memang kegiatan ini di semester genap mengalami kemandekan karena berbagai sebab. Baik karena cuaca hujan atau terbentur dengan kegiatan-kegiatan madrasah yang lain, seperti simulasi ujian, dll.

Kemudian Pekan Ulangan Bersama (PUB) pertama semester genap tahun pelajaran 2018-2019 rencananya akan diselenggarakan pada pertengahan Februari. Dan biasanya akan diikuti dengan diselenggarakannya Emha Variety Show (EVS) untuk kelas XI MIA dan kelas X pada awal Bulan Maret 2019.

Terkait dengan persiapan Ujian Kelas XII, maka seperti biasanya akan ada perubahan jadwal di semester Genap ini. Mata pelajaran yang akan diujikan akan lebih diprioritaskan dan menghilangkan beberapa pelajaran muatan lokal. Karena biasanya serangkain Ujian Kelas XII akan dimulai pada Bulan Maret dan dilanjutkan Ujian Nasional yang dilaksanakan pada Bulan April 2019.

Usai apel pagi dari Kepala Madrasah, acara dilanjutkan dengan penyerahan tropi kejuaraan siswa MTs. Matholi’ul Huda Troso pada ajang Wijaya Scout Cellenge (WSC) Lomba Pramuka tingkat penggalang tingkat Jawa Tengah di UNNES Semarang dan Lomba Lintas Medan Penggalang (LLMP) di SMA Islam Jepara. Meskipun Kontingen MTs. Matholi’ul Huda Troso dari Kelas VIII dan IX mendapatkan hasil kurang maksimal di WSC UNNES Semarang. Namun Kontingen MTs. Matholi’ul Huda Troso yang beranggotakan Kelas VII dan VIII berhasil menjadi juara umum baik putra maupun putri di LLMP ke-9 di SMA Islam Jepara dengan berhasil membawa pulang 12 tropy kejuaraan. (Syah)

  • 0
  • Baca: 35 kali

Pramuka MA MH Troso Melantik 150 Anggota Pramuka Penegak Bantara dan 200 lebih Anggota Penegak Laksana

Troso, MAMHTROSO.com - Pramuka Ambalan Setiabudi – Fatmawati Gugus Depan 09.115-09.116 MA Matholi’ul Huda Troso selenggarakan Ujian Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Penegak Bantara dan Laksana kemarin, Rabu(19/12/2018). Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari berturut-turut. Untuk hari pertama diagendakan Ujian SKU Penegak Bantara Siswa Kelas X yang ikuti setidaknya ada 150-an siswa. Sementara untuk hari kedua Kamis (20/12/2018) diagendakan Ujian SKU Penegak Laksana untuk Siswa Kelas XI yang diikuti oleh lebih dari 200 anggota.  

Lihat galeri kegiatannya – klik disini

Acara ini dimulai pada pukul 06.30 WIB sampai pukul 15.30 WIB di kampus madrasah MA Matholi’ul Huda Troso. Setiap peserta ujian harus menyelesaikan 23 nomor jenis ujian di Buku SKU Penegak baik tingkat Bantara maupun Laksana. Dewan Ambalan sebagai sangga kerja menyiapkan 9 ruang untuk ujian SKU ini. Setiap ruang terdapat 4 sampai 6 penguji oleh Pembina yang dibantu Dewan Ambalan.  

Dengan sistem roling setiap peserta harus menyelesaikan ujiannya dari ruang pertama sampai di ruang ke-9. Apabila ada peserta yang tidak memenuhi kriteria kelulusan maka tim penguji memberikan kesempatan untuk belajar kembali dan mengulang ujian SKU ini sampai peserta bisa mencapai kriteria kelulusannya.

Sebelum ujian SKU ini dilaksanakan, seluruh peserta baik tingkat Penegak Bantara maupun Laksana pada satu minggu sebelumnya diberikan materi ujian yang sudah dipersiapkan oleh pembina. Sebagain besar ujian dilaksanakan dengan metode tanya jawab secara lisan atau praktik langsung.

Dari 23 nomor ujian SKU semuanya memiliki nilai-nilai yang baik untuk pembentukan karakter anggota pramuka penegak. Pertama, nilai religius. Setiap anggota harus dapat menjelaskan dan menjabarkan berkaitan dengan Rukun Iman, Rukun Islam, Sholat Sunnah, Sholat Berjama’ah, Tajhizul Jenazah, Zakat, sampai menghafal hadits-hadits pendek dan surat tematik dari Al Qur’an. Kedua, nilai sosial. Terdapat beberapa nomor ujian yang berkaitan dengan tata cara diskusi, menyampaikan kritik, kehidupan bertoleransi, cara komunikasi, sampai pada kerja bakti. Ketiga, nilai pengetahuan. Anggota pramuka penegak harus setidaknya memahami AD & ART Gerakan Pramuka, Sejarah Pramuka, Tanda Alam, dll. Keempat, nilai patriotik. Terdapat materi pengamalan pancasila, peran Indonesia di ASEAN dan PBB. Kelima, nilai keterampilan. Peserta juga diuji tentang kewirausahaan, pionering aplikatif, aturan baris-berbaris, dll. Dan yang terakhir nilai kesehatan. Bagian akhir nomor ujian SKU juga menguji pengetahuan olah raga, perkembangan fisik, kesehatan reproduksi, dan memahami jenis-jenis penyakit baik karena infeksi, degeneratif, dan yang disebabkan pola hidup tidak sehat.

Proses ujian ini berlangsung mulai pukul 07.30 WIB sampai 13.30 WIB, ditengah-tengahnya seluruh peserta juga mengikuti sholat dzuhur berjama’ah dan makan siang bersama. Kemudian setelah seluruh anggota menyelesaikan semua ujian SKU. Pada pukul 14.30 WIB sangga kerja menyelenggarakan upacara pelantikan. Seluruh peserta dengan khidmat mengikuti upacara tersebut dengan mengucapkan tri satya bersama-sama sebagai kode kehormatan gerakan pramuka.

Dengan ujian SKU ini bagi siswa yang sudah lulus berhak memakai Tanda Kecakapan Umum (TKU) yang berarti di atas pundak mereka memiliki tanggung jawab yang lebih untuk menjaga nama baik Ambalan dan berusaha memajukan gerakan pramuka dengan menjadi pribadi yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, dan menjunjung nilai-nilai luhur. (Syah)

  • 0
  • Baca: 91 kali

Apel Pagi – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Arahkan Hidupmu Menuju Jalan Allah SWT. Tidak Kepada Jalan Setan

Troso, MAMHTROSO.com – Pagi ini lebih dari 1.200-an orang siswa Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara berkumpul di halaman madrasah untuk mengikuti apel pagi, Selasa (18/12/2018).

Dalam apel pagi kali ini seperti biasanya Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso memberikan pengarahan kepada siswa-siswi terkait dengan padangan hidup secara umum, informasi kemadrasahan, dan wejangan-wejangan agar siswa beretika baik di madrasah maupun di lingkungan masyarakat.

Pertama, beliau menyampaikan bahwa setiap manusia hidup pasti memiliki sabil, thoriq, syari’ yang artinya jalan. Dan jalan dalam kehidupan hanya terbagi menjadi 2 yaitu jalan menuju Allah SWT. atau jalan menuju setan. “Usia-usia muda jiwanya masih labil, secara psikologi juga masih labil, maka kita bimbing supaya pergerakanmu menuju Allah”, ungkap beliau.

Di madrasah dengan sekian banyaknya kegiatan tentu untuk membiasakan siswa supaya bergerak untuk umat, supaya dapat menjadi orang-orang yang terampil, memiliki kedewasaan mental, tidak manusia yang hola-holo (tidak tanggap), karena untuk menjadi manusia yang mulia, keegoisan harus diberantas.

“Madzhab madrasah kita adalah madzhab pergerakan, maka cara hidup adalah bagaimana baiknya bukan bagaimana enaknya”, tegasnya.

Kedua, berkaitan dengan kalender tahun 2019 yang biasanya dibagikan pada saat penerimaan raport, namun kali ini rencananya akan dibagikan pada saat masuk semester genap Januari mendatang. Hal tersebut supaya seluruh kegiatan selama satu tahun tercover di kalender termasuk Class Meeting Semester Gasal Tahun 2018-2019 yang pada hari ini masih berlangsung.

Libur Akhir Semester Gasal Tahun ini dimulai besok pagi hari Rabu (19/12/2018) selama 2 minggu yaitu sampai Kamis (3/1/2019). Pada saat liburan siswa-siswi diperingatkan oleh Kepala Madrasah agar tetap menjaga etika. Siswa tidak boleh berpacar-pacaran, mewarnai rambut, apalagi nyolong. Pihak madrasah tidak akan segan-segan mengeluarkan siswa yang melanggar aturan tersebut. Beliau menghimbau agar siswa lebih baik melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, seperti membantu orang tua, dll.

Siswa akan masuk kembali pada semester genap yaitu pada Hari Kamis (3/1/2019). Hari pertama masuk tersebut akan diagendakan pembagian LKS dan siswa harus membayar uang LKS sebesar Rp 60.000,-. Madrasah akan lebih tegas dengan pembayaran siswa. Karena selama ini masih banyak siswa atau orang tua yang kurang memperhatikan pembayaran administrasi madrasah. Meskipun begitu madrasah akan memberikan toleransi kepada orang tua siswa yang benar-benar tidak mampu. (Syah)

  • 0
  • Baca: 72 kali

OSIS MA Matholi’ul Huda Troso Selenggarakan Class Meeting dengan 22 Jenis Mata Lomba Semester Gasal 2018-2019

Troso, MAMHTROSO.com - Class Meeting Semester Gasal Tahun 2018-2019 MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara bergulir mulai kemarin, Rabu (5/12/2018). Rencananya event ini akan berlangsung selama 12 hari yaitu sampai Selasa (18/12/2018).

Class Meeting yang akan dilaksanakan oleh OSIS ini rencananya akan diadakan 22 mata lomba. 22 mata lomba dalam Class Meeting kali ini adalah :

A. Kategori Olah Raga

  1. Bola Basket
  2. Bola Voli
  3. Tenis Meja
  4. Futsal
  5. Badminton

B. Kategori Permainan

  1. Permainan Bola Sarung Putri
  2. Tarik Tambang Putri
  3. Permainan ZO Putra dan Putri

C. Kategori Kesenian dan Keterampilan

  1. Deklamasi Puisi
  2. Al Barzanji
  3. Memasak
  4. Short Movie
  5. Lawak
  6. Pitutur Agami
  7. Pop Song
  8. Desain Baju
  9. Nada dan Dakwah Islami
  10. Miniatur
  11. Poster
  12. Tahlil
  13. Murottal
  14. Al Kalam Al Jama’i

Bahkan Proposal Anggaran Dana dari panitia pelaksana mencapai hampir 5 juta. Tetapi beberapa kegiatan masih ada yang menggunakan biaya langsung dari madrasah seperti kebutuhan sound, panggung, dan grup qasidah pada lomba dakwah, band, dan pitutur agami yang total biayanya nanti diperkirakan mencapai hampir 13 juta.

Jika pada sekolah umumnya Class Meeting hanya untuk mengisi waktu luang antara selesai ujian semester dan menerima rapor, namun di MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara ajang akhir semester ini dibuat semeriah mungkin. Karena dari kegiatan ini juga memberikan nilai pendidikan dan pembelajaran kepada siswa. Maka seluruh siswa diwajibkan tetap masuk sekolah dan diabsen seperti pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Sampai pada pukul 12.00 WIB semua jadwal Class Meeting berakhir kemudian mengadakan sholar dzuhur berjama’ah, absensi dan baru semua siswa dipersilakan pulang.

Kegiatan ini menjadi kombinasi yang saling menguntungkan antara peserta dan panitia. Bagi peserta, mereka dapat merasakan atmosfer pertandingan dan menjadi ajang silaturahim. Sedangkan bagi panitia, mereka dapat merasakan cara menjadi panitia sebuah acara pertandingan olahraga, official, serta menjalani tugas dan tanggung jawab.

Kegiatan sekolah yang mempertemukan antar kelas dalam berbagai pertandingan dan perlombaan. Jika dilaksanakan dengan baik maka kegiatan classmeeting akan membawa manfaat luar biasa bagi siswa. Selain untuk mempererat tali silaturrahmi antar sesama siswa, juga menjadi ajang menambah keakraban antara siswa di sekolah. Menjadi media refreshing siswa seusai ujian semester dan menyalurkan bakat dan minat siswa dalam berbagai bidang kegiatan. Selain itu juga melatih mental bersaing dan sportifitas dalam perlombaan dan pertandingan. (Syah)

  • 0
  • Baca: 153 kali

Apel pagi – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Jangan Jadi Tunas yang Berguguran, Jangan Jadi Generasi Muda yang Menyepelekan Dosa

Troso, MAMHTROSO.com – Pagi ini seluruh siswa-siswi beserta dewan guru Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara megikuti apel, Rabu (05/12/2018).

Apel ini memang biasanya diadakan secara kondisional pada waktu pagi hari sebelum siswa-siswi masuk ke kelasnya masing-masing. Dengan berkumpul dan duduk di halaman madrasah terbagi mengelompok antara siswa putra dan putri. Mereka semua siap untuk mendengarkan informasi dan motifasi dari Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara.

Pertama, beliau menyampaikan bahwa agenda pasca Penilaian Akhir Semester (PAS) setiap harinya nanti mulai pagi hari adalah sholat dhuha berjama’ah, masuk kelas untuk mengikuti ritual pagi (asmaul husna, sholawat nariyah, membaca Al qur’an, dan doa bersama). Absensi kehadiran siswa oleh masing-masing wali kelas dan terakhir adalah Class Meeting yang pada kali ada sebanyak 21 mata lomba yang akan diselenggarakan.

Kedua, Kepala Madrasah juga mengingatkan agar seluruh siswa terus berhati-hati dalam berperilaku. Ada ungkapan tunas-tunas muda layu sebelum berkembang atau tunas-tunas muda berguguran. Anak-anak muda atau siswa-siswi ini diibaratkan adalah tunas-tunas tersebut. Jangan sampai generasi-generasi muda ini hancur tidak memiliki masa depan seperti tunas-tunas yang layu dan berguguran, karena sering “menyepelekan dosa”.

Banyak sekali kejadian-kejadian negatif sekarang ini, mulai dari yang dialami oleh siswa-siswi, para alumni, bahkan aktivis masyarakat yang dapat menjatuhkan harga dirinya, semuanya diawali dengan sikap menyepelekan dosa. “Masih muda, kaya rasa, relasinya banyak, tampan, ada kesempatan, kalau tidak bisa menjaga diri maka itulah sumber kemaksiatan. Jika ingin selamat hidupmu, ingatlah setiap akibat dari perilakumu”, tegasnya.

Kemudian selain itu juga Kepala Madrasah mengingatkan agar seluruh siswa betul-betul terus mengamalkan jiwa keikhlasan. Karena pondasi dari segala perilaku berawal dari keikhlasan. “Wong sing ikhlas iku bakal padang pikire, jembar dadane, dowo umure, akeh ganjarane, suargo panggonane”, ungkap beliau. Artinya jika seseorang selalu berjiwa ikhlas dalam setiap perilakunya, baik di madrasah, ataupun di lingkungan sekitar. Maka akan diterangkan pikirannya, dilapangkan dadanya, dipanjangkan umurnya, banyak pahalanya, dan surga tempatnya. Penyakit badan selain disebabkan karena makanan juga disebabkan dari penyakit hati. Maka jangan sampai punya penyakit hati karena sering tidak ikhlas.

Ketiga, menyinggung Class Meeting yang akan dilaksanakan oleh OSIS rencananya akan diadakan 21 mata lomba. Proposal Anggaran Dana dari pantia mencapai hampir 5 juta. Tetapi beberapa kegiatan masih ada yang menggunakan biaya langsung dari madrasah seperti kebutuhan sound, panggung, dan grup qasidah pada lomba dakwah, band, dan pitutur agami yang total biayanya nanti diperkirakan mencapai hampir 13 juta. Untuk itu siswa-siswi tidak boleh ada anggapan setelah PAS tidak usah berangkat karena tidak ada pelajaran. Kepala Madrasah dengan tegas semuanya masih harus tetap masuk seperti biasa sampai tiba waktu hari libur. Karena Class Meeting ini juga termasuk pendidikan dan pembelajaran di luar kelas. Pada Class Meeting  kali ini juga rencananya akan diadakan bazar makanan oleh perwakilan kelas.

Keempat, bagi siswa yang masih memiliki tanggung jawab remidi karena nilainya masih belum mencapai KKM maka harus dikerjakan sebaik-baiknya. Bagi siswa tidak memperhatikan maka pihak madrasah tidak akan segan-segan mengambil tindakan tegas. Sementara untuk penerimaan raport nanti akan diadakan pada tanggal 17 Desember 2018 pada pukul 12.00 WIB siang. Kepala Madrasah mengingatkan agar wali murid benar-benar memperhatikan undangan penerimaan raport nanti. Dianjurkan agar benar-benar orang tua wali yang datang karena madrasah akan memberikan infomasi yang sangat penting terkait siswa dan perkembangan madrasah.

Kelima, berkaitan dengan sholat berjama’ah Kepala Madrasah juga mengingatkan agar seluruh siswa mengikutinya dengan serius. Karena sholat ini adalah ibadah langsung menghadap Allah SWT. Maka dosa besar bagi siswa yang malah bermain-main atau menggangu temannya pada saat sholat. Kepala madrasah dengan tegas mengingatkan bahkan jika ada siswa yang setelah diperingatkan berulang-ulang masih saja tidak serius dalam mengikuti sholat berjama’ah maka akan dipanggil orang tuanya dan dikeluarkan.

Terakhir beliau mengajak doa bersama dengan membaca surat Al Fatihan tiga kali. Yaitu yang pertama untuk siswa-siswi agar dibuka hatinya, disadarkan, terus dijaga oleh Allah. Kemudian doa untuk orang tua, para guru, dan madrasah semoga dimudahkan dan dilimpahkan rizkinya dan terus dapat melanjutkan pembangunan. (Syah)

  • 0
  • Baca: 74 kali

Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal Tahun Pelajaran 2018-2019 Dimulai Hari Ini

Troso, MAMHTROSO.com – Seluruh siswa MA Matholi’ul Huda Troso mengikuti Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal Tahun 2018-2019 yang digelar hari ini, Senin (26/11/2018). Bahan evaluasi pembelajaran ini rencananya akan berlangsung selama 8 hari sampai Selasa (04/12/2018). Namun untuk Penilaian Akhir Semester kali ini ada yang berbeda yaitu pada pagi harinya tetap diadakan sholat dhuha berjama'ah sebagaimana hari-hari biasanya. Setelah itu baru kemudian siswa-siswi belajar mempersiapkan materi yang akan diujikan.

Total ada sebanyak 584 orang siswa yang mengikuti Penilaian Akhir Semester kali ini. Terbagi menjadi 17 ruang dengan sistem acak antara kelas X, XI, dan XII.

Masing-masing kelas dan jurusan akan menghadapi 16 mata pelajaran dalam PAS Gasal kali ini. Mulai dari mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI), mata pelajaran umum, penjurusan, peminatan, lintas minat, dan muatan lokal.

Soal yang diujikan pada PAS Gasal kali ini sama dengan UAS sebelum-sebelumnya yaitu berasal dari Kelompok Kerja MA (KKMA) 01 Jepara yang berpusat di MAN Bawu Jepara. Namun ada beberapa mata pelajaran yang soal ulangannya dibuat oleh guru pengampunya sendiri karena disesuaikan dengan materi yang telah diajarkan, diantarnya adalah TIK, Desain Grafis, Penjaskes, dan Mata Pelajaran Lintas Minat (Sosiologi dan Geografi untuk jurusan MIA, Kimia dan Biologi untuk jurusan IIS).

Sebelum pelaksanaan PAS Gasal ini, pihak madrasah lebih memperhatikan pembayaran administrasi siswa karena masih banyak yang belum lunas. Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso mengingatkan kepada seluruh siswa bahwa kartu ujian tidak akan diberikan jika memang tidak benar-benar lunas persyaratan administrasi.  

Seperti biasa setelah pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) akan diselenggarakan Class Meeting yang rencana ada lebih dari 20 mata lomba. (syah)

  • 0
  • Baca: 680 kali

“Terampil, Cerdas, dan Berprestasi” Kelompok 11 Putri dan Kelompok 6 Putra Menjadi Juara Umum di LKP Ke-7 Tahun 2018

Troso, MAMHTROSO.com - Pramuka MA Matholi’ul Huda Troso Ambalan Setiabudi dan Fatmawati Gugus Depan 09.115-09.116 selenggarakan ajang kompetisi yang bertajuk Lomba Keterampilan Penegak Ke-7 atau sering disingkat LKP hari ini, Sabtu (24/11/2018).

Lihat galeri kegiatannya - klik disini

Ajang kompetisi pramuka di MA Matholi’ul Huda Troso ini diselenggarakan setiap akhir semester dan diikuti oleh seluruh siswa. Tujuannya adalah sebagai puncak kegiatan intrakurikuler pramuka yang diadakan setiap hari Selasa siang pada jam pelajaran ke7 dan ke-8. Ada enam macam mata lomba yang diadakan pada LKP Ke-7 kali ini. Diantaranya adalah Lomba Semboyan (Semaphore dan Morse), Menaksir (Tinggi dan Berat), Pemanfaatan Limbah Tepat Guna (PLTG), Pionering Pembuatan Kursi, Roket Air dan Yel-yel pramuka.

Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Ka. Mabigus membuka secara langsung acara ini. Dalam amanatnya beliau menyampaikan bahwa tali-temali, baris berbaris, semboyan, dll. memang bagian dari kegiatan pramuka. Akan tetapi gerakan pramuka lebih dari sekedar kegiatan-kegiatan tersebut. Dalam kegiatan pramuka ada tujuan besar yaitu untuk membentuk karakter generasi muda melalui pendidikan dan kegiatannya.

Semboyan kepramukaan kita tidak hanya “Scouting is Fun” Kepramukaan kegiatan yang menyenangkan, tetapi juga “Scout are the leaders” pramuka adalah kegiatan untuk menciptakan mentalitas pemimpin, menjadi generasi-generasi yang memiliki mentalitas tangguh, dan kuat. Maka tidak heran jika zaman sekarang banyak sekali sarjana akan tetapi masih saja menjadi pengangguran. Hal tersebut karena pada saat sekolah hanya mengandalkan kognisinya. Padahal yang menentukan kehidupan tidak hanya itu akan tetapi mental skill juga sangat berpengaruh. “Hidup sekarang itu susah, dibutuhkan manusia-manusia yang tangguh yang bisa survive, maka bersyukurlah kalian semua di madrasahmu ini kalian diajari hidup”, pungkas Ka. Mabigus, Drs. H. Nur Kholis Syam’un dalam amanatnya pagi tadi.  

Sebanyak 6 mata lomba yang dilaksanakan dengan sistem medali untuk juara 1 mendapat 3 poin, juara 2 mendapat 2 poin, dan juara 3 mendapat 1 poin. Setelah direkap sebagai kelompok tergiat pertama putra diraih oleh Kelompok 6 yang dibimbing oleh Mohammad Asad, S.Pd.I. Dan sebagai kelompok tergiat 2 dan 3 putra berurutan yaitu kelompok 7 yang dibimbing oleh Muhammad Arsyad dan kelompok 4 yang dibimbing oleh Ismail, S.Pd.I.

Sementara untuk kelompok putri sebagai kelompok tergiat pertama diraih oleh kelompok 11 yang dibimbing oleh Hj. Siti Muzayaroh, S.Ag. sedangkan untuk kelompok tergiat 2 dan 3 putri diraih oleh kelompok 9 yang dibimbing oleh Ainun Nadhifah, S.Pd.Si. dan kelompok 11 yang dibimbing oleh Luthfi Kharlina Wahyu, S.Pd.

Dari kegiatan LKP ini tentu banyak nilai-nilai pendidikan yang diambil sesuai dengan slogannya Terampil, Cerdas, dan Berprestasi. (Syah)

  • 0
  • Baca: 152 kali
Berlangganan RSS feed