Masuk

Catatan Akhir Tahun 2020: Menerobos Tahun yang Sulit

MAMHTROSO.COM -- Sahabat luar biasa, tanpa terasa, kita sudah menginjak hari terakhir di tahun 2020, dan esok hari memulai lembaran baru tahun 2021.

Tahun 2020 telah menjadi tahun yang sangat sulit bagi kita, dan masyarakat dunia pada umumnya, karena adanya bencana pandemi Covid-19 .

Pandemi Covid-19 merupakan musibah luar biasa yang mempengaruhi dunia dan memporak-porandakan ekonomi banyak negara, perusahaan, serta individu. Saya kira, 90% usaha berada dalam keadaan stagnan, mundur, bahkan bangkrut dalam situasi ini—kecuali usaha-usaha tertentu seperti jasa pengiriman, online shops, kesehatan, serta industri telekomunikasi.

Pandemi ini juga telah mengubah cara hidup dan cara berpikir miliaran manusia penduduk Bumi, membuat kita hidup dalam era New Normal (Normal Baru).

Bagi saya, pandemi Covid-19 ini merupakan “musibah kemanusiaan”; namun mengandung pembelajaran , ujian dan pendidikan agar manusia menjadi semakin matang dan dewasa.

Lalu, kapan musibah ini akan berakhir? Belum ada seorang pun yang mampu menyatakannya secara tepat.

Jaga Jarak dan Pakai Masker di Tempat Umum

Bagi saya, yang utama di tahun 2021, dibutuhkan kesadaran dan pola pikir yang benar dalam melaksanakan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin agar terhindar/tidak terjangkit virus Corona. Juga dibutuhkan: asupan gizi dan pola makan yang seimbang, olahraga rutin, serta konsumsi vitamin sesuai kebutuhan.

Dari segi ekonomi, kita tetap memelihara apa yang sudah kita jalani, serta jeli melihat peluang ekonomi dan bisnis yang bisa dilakukan di tahun 2021.

Sementara dari segi spiritual, musibah ini membuat kita menyadari betapa kecil dan rapuhnya manusia di hadapanNYA dan dalam lingkup alam semesta ini.

Menghadapi situasi yang tidak menentu ini, kita perlu sejenak kembali ke titik netral (nol) dari segala kegaduhan duniawi. Dalam pikiran dan batin yang bersih, kita pasrah, bersabar, dan berserah diri kepada Sang Mahakuasa sambil menjalani kehidupan ini dengan enjoy, apa adanya. Dan tidak lupa untuk terus melatih kepekaan dan empati kita terhadap sesama yang membutuhkan, dengan berbagi —baik berupa materi, ataupun dukungan moral.

Kita berharap, dengan kekuatan doa ditambah keberadaan vaksin, wabah Covid-19 bisa berangsur menurun sekaligus tidak menyebar lebih luas lagi. Seiring berjalan waktu pun, diharapkan usia virus Corona semakin berkurang di Bumi ini.

Mari kita sambut Tahun Baru 2021 dengan hati penuh syukur, doa, senyum dan optimis!
Semoga kita semua tetap sehat dan berbahagia …

Salam Hangat Luar Biasa!!

Selamat Tinggal 2020 …
Selamat Datang Tahun Baru 2021!
Happy New Year!!

https://andriewongso.com/catatan-akhir-tahun-2020-menerobos-tahun-yang-sulit/

Lebih lanjut dalam kategori ini: « Gigih dalam Mewujudkan Impian Membuka Kesadaran »

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.