Masuk

Yakinlah Allah SWT tidak akan Telantarkan Orang yang Sabar

MAMHTROSO.COM -- Allah SWT dan Rasul-Nya mengajarkan umat manusia untuk bersabar karena sabar memiliki banyak keutamaan. 

Dalam surah Al-Anfal ayat 46, Allah menyampaikan beserta orang-orang yang sabar: 

وَأَطِيعُوا۟ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥ وَلَا تَنَٰزَعُوا۟ فَتَفْشَلُوا۟ وَتَذْهَبَ رِيحُكُمْ ۖ وَٱصْبِرُوٓا۟ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ "Dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." (QS Al-Anfal: 46)

Dalam Kementerian Agama Arab Saudi, dari laman Tafsirweb, dijelaskan bahwa Allah tidak akan menelantarkan orang-orang yang bersabar yang tetap beriman serta bertakwa pada Allah. 

“Dan berpegang teguhlah kalian untuk taat kepada Allah dan taat kepada Rasul-Nya dalam seluruh keadaan kalian, dan janganlah kalian saling bersilang pendapat di antara kalian, sehingga tercerai berai persatuan kalian dan bertentangan isi hati kalian, sehingga kalian akan melemah serta kekuatan dan kemenangan kalian akan sirna.

Bersabarlah ketika menghadapi musuh. Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bersabar dengan bantuan, pertolongan dan dukungan-Nya, serta tidak akan menelantarkan mereka.”    

Sementara, Pusat Tafsir Riyadh di bawah pengawasan Syekh Shalih bin Abdullah bin Humaid (imam Masjidil Haram) menjelaskan orang yang disertai Allah akan mendapat pertolongan dan kemenangan.

“Dan tetaplah taat kepada Allah dan taat kepada Rasul-Nya dalam ucapan-ucapan, perbuatan-perbuatan, dan seluruh hal ihwal kalian. Dan janganlah kalian berselisih pendapat. Karena perselisihan akan membuat kalian menjadi lemah, takut, dan kehilangan kekuatan kalian. 

Dan bersabarlah ketika kalian berhadapan dengan musuh kalian. Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bersabar dalam bentuk pertolongan, dukungan, dan bantuan. Dan barangsiapa yang disertai Allah, maka ialah orang yang pasti meraih kemenangan dan mendapatkan pertolongan.” Nabi Muhammad SAW bersabda: 

- يقولُ اللَّهُ سبحانَه ابنَ آدمَ إن صبرتَ واحتسبتَ عندَ الصَّدمةِ الأولى لم أرضَ لَك ثوابًا دونَ الجنَّةِ "Allah SWT berfirman: Hai anak Adam, jika kamu bersabar dan ikhlas saat tertimpa musibah, maka Aku tidak akan meridhai bagimu sebuah pahala kecuali surga." (HR Ibnu Majah)   

https://www.republika.co.id/berita/qnhlxt320/yakinlah-allah-swt-tidak-akan-telantarkan-orang-yang-sabar

 

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.